Jumat, 09 April 2010

Cara mudah ganti font s60v3 dan s60v5 tanpa aplikasi

Ada berbagai cara untuk bisa mengganti font di hape symbian v3 dan v5, ada yang pakai aplikasi tapi syaratnya aplikasi tersebut harus disigned dulu atau bisa juga hape kamu yang dihack dulu supaya bisa menginstal aplikasi tersebut.
Tapi disini ada cara lain yang sangat mudah dan tanpa perlu aplikasi tambahan atau bahkan menghack hape kamu. Alat dan bahan yang pertama harus disiapkan adalah komputer atau laptop, hape symbian v3 ato v5, kabel data sesuai hape kamu, aplikasi file manager (aku pakai y-browser) dihape kamu, file font (.ttf) yang bisa kamu copy dari komputer atau laptop kamu pada drive C:windows/fonts (aku pake font Bradly hand ITC).
Langkah pertama, buka aplikasi file manager dihape kamu, buka drive Z:resource/Fonts lalu lihat, catat dan ingat file yang ada di folder tersebut beserta extensinya (biasanya ada 3 file berextensi .ccc .ccc dan .ttf). Kalau sudah dicatat, buka drive E:RESOURCE/ lalu buatlah folder Fonts di folder RESOURCE tersebut. Lalu exit dulu file manager dihape kamu, dan hubungkan hape kamu dengan komputer atau laptop kamu dengan menggunakan kabel data yang sesuai dalam modus mass storage / penyimpanan massal. Lalu buka explore pada komputer atau laptop kamu, copy file font (.ttf) yang sesuai dengan selera kamu yang kamu dapat dari komputer atau laptop kamu ke kartu memory dihape kamu pada folder RESOURCE/Fonts yang tadi kamu buat. Lalu copy dan rename file font kamu tersebut menjadi sesuai dengan file font hape yang sudah kamu catat tadi (copy sesuai jumlah file yang kamu catat tadi dan rename sesuai file yang kamu catat tadi beserta extensinya). Kalau sudah, lepaskan hape kamu dari komputer atau laptop kamu lalu restart hape kamu dan lihatlah perubahan font-nya!
Kalau mau mengembalikan ke font aslinya tinggal delete folder Fonts beserta file isinya yang telah kamu buat tadi menggunakan komputer atau laptop kamu, lalu restart hape kamu dan font hape kamu akan kembali ke aslinya.
(Tested on my Nokia E63 and 5800xm).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar